Monday, September 22, 2014

Cara sederhana membaca not balok (partitur) untuk biola Part II (Key Signature)

Dalam Partitur kadang terdapat tanda (#) atau pun tanda (b) sesudah tanda clef, hal itu tergantung pada signature key yang di pakai,dan gambar berikut adalah contoh G-major signature key.

musikbiolaku
Dalam G-major signature key terdapat tanda (#) di garis 5, berarti nada yang yang melewati garis tersebut menjadi (#), contoh nada di garis 5 adalah (F) maka akan menjadi (F#) atau sama dengan (Gb).dan jika di garis 4 terdapat tanda (b) maka nada (D) yang terdapat pada garis 4 menjadi
(Db) atau sama dengan (C#). Contoh gambar di bawah ini.
musikbiolaku








Dan ada juga nada kress(#) yang  garis atau spasi letak nada tidak di lewati oleh tanda (#).
kok bisa???  begini ceritanya, key signature adalah scale ,jika di atas kita membahas G-Mayor key signature berarti sama dengan G-Major scale yang tersusun seperti ini G-A-B-C-D-E-F#-G,  setiap key signature mempunyai letak tanda tersendiri Contohnya G-mayor key signature memiliki tanda (#) di garis 5, dan D-Mayor key signature memiliki tanda (#) di garis 5 dan spasi 3, contoh gambar di bawah ini.







gambar di atas adalah D-Mayor signature scale .dan ada nada (F#) yang garis atau spasi letak nada nya tidak di lewati tanda (#).seperti yang saya katakan tadi, key signature adalah scale dan scale dari D-Mayor adalah D-E-F#-G-A-B-C#-D, kenapa bisa seperti ini susunan nya? karna major scale memiliki pergerakan nada seperti ini 1-1-1-1/2-1-1-1-1-1/2, contoh C-mayor scale adalah C-D-E-F-G-A-B-C mka D-major scale di awali dari nada (D) dengan susunan major scale maka tersusunlah nada seperti ini D-E-F#-G-A-B-C#-D. jadi walau pun garis not nada tidak di lewati tanda (#) nada tersebut bisa menjadi nada(#) karna mengikuti Key Signature atau scale dari D-Mayor.
demikian penjelasan nya
Terima kasih atas kunjungan nya.

Budidayakan mencantumkan sumber
e.g. (sumber : musikbiolaku.blogspot.com)
jika ingin mengcopy artikel ini.


EmoticonEmoticon